Contoh resensi film


RESENSI FILM

RESENSI FILM PADMAN






Resensi Film Padman
Identitas film
Judul film : Padman
Sutradara : R. Balki
Produksi : Columbia Pictures, Hope Productions, KriArj Entertainment, Mrs Funnybones Movies
Tahun : 2018


Synopsis film Padman
        Padman adalah sebuah film komedi-drama Hindi India tahun 2018 yang menampilkan Akshay Kumar, Sonam Kapoor dan Radhika Apte dalam peran-peran utama. Amitabh Bachchan tampil dalam peran istimewa. Film ini terinsfirasi dari kehidupan nyata seorang laki- laki bernama Arunachalam Muruganantham (Padman). Ia adalah seorang wirausahawan sosial asal Coimbatore, Tamil Nadu, India. Ia adalah penemu mesin pembuat pembalut berbiaya rendah dan dikenal karena menginovasi akar mekanisme untuk meningkat kesadaran tentang praktik tradisional tak higenis terhadap menstruasi di pedesaan India. Mesin-mesin mininya, yang dapat menghasilkan pembalut kurang dari sepertiga harga pembalut komersial, dihimpun di 23 dari 29 negara bagian di India. Ia sekarang berencana untuk meluaskan produksi mesin-mesin tersebut ke 106 negara.
        Inti dari filmnya sederhana, dimana seorang Lakshmikant Chauhan ( tokoh fiktif dari seorang aktor bernama Akshay Kumar) berperan sebagai tokoh utama yang menceritakan kehidupan Arunachalam Muruganantham (Padman), Cerita ini berawal ketika Lakshmikant Chauhan menikah dengan perempuan bernama Gayatri (Radhika Apte),  Gayatri adalah seorang istri yang sangat ia cinta, Sampai pada suatu ketika Lakshmikant merasa sedih ketika mengetahui istrinya suka memakai kain kotor untuk dijadikan sebagai pembalut. Dari peristiwa tersebut akhirnya Lakshmikant berusaha untuk membelikan istrinya sebuah pembalut yang higienis, tetapi  istrinya menolak karena ia tahu bahwa harga pembalut sangatlah mahal. Tapi tidak menyerah sampai disana, Lakshmikant akhirnya membuat sebuah inovasi baru, yaitu sebuah mesin pembuat pembalut yang higienis dan terjangkau untuk di beli oleh penduduk desa di india.
         Film ini mencoba bicara soal masalah yang dihadapi keluarga Lakshmikant Chauhan. Masalah yang di hadapi tidak hanya terjadi pada keluarga Lakshmikant saja, tetapi juga terjadi pada seluruh penduduk desa di india. Film ini berbicara tentang sebuah fakta yang terjadi di india dimana 98% dari 1 miliar penduduknya, wanita yang sedang menstruasi tidak memakai pembalut (pad). Ini menunjukan bahwa India masih menjadi Negara terbelakang. Karena adat dan budaya, pembicaraan mengenai menstruasi masih dianggap tabu untuk dibicarakan ke laki-laki. Dengan di bantu oleh teman permpuannya bernama Rhea yang seorang artis, Lakshmikant menjajakan pembalutnya dan mengembangkan bisnisnya. Pada tahun 2006, dalam acara IT yang menampilkan berbagai alat inovatif, ciptaannya menang dan dari hadiah tersebut, dia mendapatkan hak paten serta uang untuk menciptakan banyak alat pembuat pembalut. Lakshmikant tidak hanya berhasil membuat pembalut, namun berhasil untuk memberikan lapangan pekerjaan ke wanita-wanita.
Kekurangan : Film ini sudah bagus untuk dijadikan sebuah film biografi. Tetapi, di lihat dari durasi film, film ini termasuk film yang punya durasi yang lama, ada sekitar 140 menit kebanyakan adegan film terkesan lambat dan pengeditan film pun terkesan kurang maksimal, mungkin karena film ini berlatar tahun 1998, jadi tidak terlalu di maksimalkan untuk masalah pengeditan.
Kelebihan : Padman adalah sebuah film biografi yang dibalut romantis yang harus di tonton oleh berbagai kalangan, khususnya wanita agar lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan daerah wanitanya. Padman adalah bukti nyata bahwa mencintai seseorang itu tidak perlu memberikan hal-hal besar, film ini juga berisi sebuah kisah inspiratif dari seorang Arunachalam Muruganantham di mana ia terus berusaha untuk membuat sebuah inovasi baru walaupun ia harus berhadapan dengan berbagai masalah.








Postingan Populer